Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Burung-Burung Di Pohon Pada Anak Kelompok A Tk Aisyiyah I Sawahan, Ngemplak, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Nuryani, Nuryani (2013) Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Burung-Burung Di Pohon Pada Anak Kelompok A Tk Aisyiyah I Sawahan, Ngemplak, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar khususnya kemampuan dalam mengekspresikan diri sesuai syair lagu pada anak kelompok A TK Aisyiyah I Sawahan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali dengan menggunakan permainan burung-burung di pohon. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK Aisyiyah I Sawahan Kecamatan Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 20 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Data dianalisis dengan tehnik analisis komparatif dan kritis yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, dan siklus III yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya perkembangan kemampuan motorik kasar dalam mengekspresikan diri sesuai irama musik/ syair lagu pada anak kelompok A TK Aisyiyah I Sawahan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase rata-rata kemampuan motorik kasar anak dalam mengekspresikan diri sesuai syair lagu dari kondisi awal ( prasiklus ) sebesar 45,6% pada siklus I meningkat menjadi 64,3% pada siklus II menjadi 78%, dan siklus III sebesar 90%. Dengan demikian, penggunaan permainan burung-burung di pohon dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dalam mengekspresikan diri sesuai syair lagu pada anak kelompok A TK Aisyiyah I Sawahan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013 /2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik Kasar, Permainan Burung-Burung DiPohon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Nov 2013 12:57
Last Modified: 15 Nov 2013 13:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26774

Actions (login required)

View Item View Item