Upaya meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Suatu Benda melalui Penerapan Metode Discovery Learning untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Gombang, Cawas, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Widayati, Sri and , Dra. Siti Zuhriah Ariatmi, M.Hum (2013) Upaya meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Suatu Benda melalui Penerapan Metode Discovery Learning untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Gombang, Cawas, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publiksi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar Sains pada materi sifat dan perubahan wujud suatu benda melalui penerapan metode discovery learning untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Gombang Cawas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Gombang Cawas Klaten yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitiannya adalah hasil belajar Sains pada materi sifat dan perubahan wujud suatu benda melalui penerapan metode discovery learning untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Gombang Cawas Klaten. Desain Penelitian yang digunakan adalah Suharsimi Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing tindakan terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan partisipasi siswa yaitu pada pra siklus partisipasi siswa hanya mencapai 44%, siklus I mencapai 69%, dan siklus II menjadi 94%. Hasil belajar Sains pada materi sifat dan perubahan wujud suatu benda untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Gombang Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil belajar Sains pada kondisi awal rata-rata kelas 58,10 dengan persentase ketuntasan 33,3%, siklus I rata-rata kelas 76,19 dengan persentase ketuntasan 52,4% dan peningkatan pada siklus II rata-rata kelas 88,33 dengan persentase ketuntasan 85,7%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sains, Metode Discovery Learning, SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Nov 2013 12:06
Last Modified: 27 Oct 2021 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26770

Actions (login required)

View Item View Item