Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun 2013/2014

Parmilah, Parmilah and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi pengukuran besar sudut di Kelas V di SD Negeri 1 Malangjiwan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang dilakukan pada saat pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 60. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Untuk hasil motivasi belajar siklus I dan siklus II di dapatkan hasil peningkatan motivasi diantaranya (1) Ketekunan siswa mengalami peningkatan persentase rata – rata (16%), (2) Keuletan mengalami peningkatan persentase rata – rata (12%), (3) Minat siswa mengalami peningkatan persentase rata – rata (6%), (4) Siswa bekerja mandiri mengalami peningkatan persentase rata – rata (19%), (5) Siswa cepat bosan pada tugas mengalami peningkatan persentase rata – rata (12%) (6) Sikap siswa mempertahankan pendapat mengalami peningkatan persentase rata – rata (16%), (7) Tidak mudah melepaskan hal yang diyakini mengalami peningkatan persentase rata – rata (19%), (8) Senang mencari dan memecahkan soal mengalami peningkatan persentase rata – rata (16%)sebesar 76%. Berdasarkan pada hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu dari siklus I sebesar 59% naik ke siklus II menjadi 71%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pengukuran Besar Sudut, Motivasi Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2013 11:56
Last Modified: 27 Oct 2021 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26767

Actions (login required)

View Item View Item