Keterampilan Metakognisi Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi, Kemampuan Intrapersonal Dan Kemampuan Interpersonal Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Mustikaningtyas, Wiwit Putri and , Dra. Hariyatmi, M.Si. (2013) Keterampilan Metakognisi Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi, Kemampuan Intrapersonal Dan Kemampuan Interpersonal Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (913kB)

Abstract

Pembelajaran biologi menekankan adanya kemampuan untuk berpikir kritis, logis, analitis, sistematis dan kemampuan memecahkan masalah serta menciptakan kreativitas dan bekerjasama atau berinteraksi yang baik. Kemampuan yang diperlukan oleh siswa dalam pembelajaran biologi adalah kemampuan metakognisi dan kemampuan berinteraksi yang meliputi kemampuan intrapersonal dan kemampuan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi pembelajaran biologi ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa, untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi pembelajaran biologi ditinjau dari kemampuan intrapersonal dan kemampuan interpersonal siswa. Sumber data dari hasil angket tertutup yang terdiri dari angket kemampuan metakognisi, kemampuan intrapersonal dan kemampuan interpersonal, serta dokumentasi yang berupa data siswa. Data diperoleh dari 85 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 dengan menggunakan population sampling. Data dianalisa dengan teknik triangulasi, yaitu memadukan dan menggeneralisasikan hasil data kedalam bentuk kalimat deskriftif secara terperinci, teliti dan apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta memiliki : 1) komponen pengetahuan metakognisi yang tinggi dan komponen pengalaman atau regulasi metakognisi yang tinggi dari kemampuan metakognisi, 2) komponen mengenali diri sendiri dalam pembelajaran Biologi dengan kriteria yang tinggi, komponen mengetahui apa yang diinginkan dalam mempelajari Biologi dengan kriteria yang tinggi dan komponen mengetahui apa yang penting dalam mempelajari Biologi dengan kriteria yang tinggi dari kemampuan intrapersonal, 3) komponen hubungan siswa dengan guru terjalin baik dengan kriteria yang tinggi, komponen hubungan siswa dengan siswa terjalin baik dengan kriteria yang tinggi dan komponen partisipasi siswa dalam pembelajaran Biologi tercipta baik dengan kriteria yang tinggi dari kemampuan interpersonal. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu : 1) siswa SMK Muhammadiyah 4 Surakarta memiliki pengetahuan dan pengalaman atau regulasi metakognisi yang tinggi dalam mempelajari materi Biologi, sehingga dapat diartikan bahwa siswa memiliki kemampuan metakognisi yang tinggi, 2) siswa SMK Muhammadiyah 4 Surakarta mampu mengenali diri sendiri, mengetahui apa yang diinginkan dan mengetahui apa yang penting dalam mempelajari Biologi dengan kriteria yang tinggi, sehingga dapat diartikan bahwa siswa memiliki kemampuan intrapersonal yang tinggi, 3) siswa SMK Muhammadiyah 4 Surakarta memiliki hubungan yang baik dengan siswa lain dan guru Biologi serta mampu berpartisipasi baik dalam pembelajaran Biologi dengan kriteria yang tinggi, sehingga dapat diartikan bahwa siswa memiliki kemampuan interpersonal yang tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan metakognisi, kemampuan metakognisi, kemampuan intrapersonal, kemampuan interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2013 07:21
Last Modified: 26 Oct 2021 16:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26751

Actions (login required)

View Item View Item