Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Bero IV Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Karmi, Karmi and , Drs. Ilham Sunaryo, M. Pd. AUD (2013) Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Bero IV Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01_COVER.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10_PUBLIKASI_ARTIKEL.pdf

Download (620kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kemampuan bahasa lisan melalui metode bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal Bero IV Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru dengan peneliti. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh anak anak kelompok B Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal Bero IV, dengan jumlah 20 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan lembar observasi, lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perkembangan kemampuan bahasa lisan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan diperoleh hasil berupa rata-rata kelas sebesar 21,75%. Peneliti melakukan perbaikan pada siklus I mengalami perkembangan yaitu pada kategori berkembang berkembang sangat pesat ada 2 anak (10%), berkembang sesuai harapan ada 9 anak (45%), anak yang mulai berkembang terdapat 3 anak (15%), dan sisanya masuk dalam kriteria belum berkembang terdapat 6 anak (35%), sedangkan rata-rata kelas mencapai 77,9%. Hasil tersebut mengalami perkembangan lagi setelah tindakan siklus II yaitu pada kategori berkembang sangat pesat sebanyak 13 anak (65%), Pada kriteria berkembang sesuai harapan sebanyak 3 anak (15%), kemampuan anak dalam berbahasa lisan pada kriteria mulai berkembang sebanyak 2 anak (10%), dan sisanya masuk dalam kriteria belum berkembang terdapat 2 anak (10%), sedangkan rata-rata kelas mencapai 89,7%. Hasil penelitian membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan “metode bercerita dengan boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan bahasa lisan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal Bero IV Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahasa lisan, metode bercerita, boneka tangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Nov 2013 13:02
Last Modified: 01 Nov 2021 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26748

Actions (login required)

View Item View Item