Pengembangan Kemandirian Melalui Penerapan Teknik Scaffolding pada Anak Kelompok A di Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013-2014

Purwantini, Purwantini and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd (2013) Pengembangan Kemandirian Melalui Penerapan Teknik Scaffolding pada Anak Kelompok A di Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01_COVER.pdf

Download (351kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02__BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
09_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (464kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kemandirian anak melalui teknik scaffolding pada anak kelompok A Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013-2014. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tipe kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok A Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa kemandirian anak tergolong rendah. Persentase pencapaian ketuntasan sebanyak 4 anak (20%). Setelah dilakukan tindakan dengan teknik scaffolding pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 10 anak (50%). Demikian pula setelah dilakukan perbaikan rencana pembelajaran pada tindakan siklus II, kemandirian anak semakin berkembang pesat. Persentase pencapaian ketuntasan menjadi 17 anak (85%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Teknik scaffolding dapat mengembangkan kemandirian anak kelompok A di Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013-2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, teknik scaffolding.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Nov 2013 12:41
Last Modified: 01 Nov 2021 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26744

Actions (login required)

View Item View Item