UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) (PTK Pada Siswa kelas IV SDN Gayam 1 Sukoharjo)

WARDANI, WAHYUSIH (2008) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) (PTK Pada Siswa kelas IV SDN Gayam 1 Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040155.pdf

Download (133kB)
[img] PDF
A410040155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) sampai 70% bila dilihat dari aspek koginif dan afektif. Obyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV A SD Negeri Gayam I yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti sedangkan subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data adalah guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan prestasi belajar matematika yang dapat dilihat dari aspek kognitif meliputi pemahaman materi dari 50% sebelum tindakan menjadi 75% dan aspek afektif meliputi keaktifan siswa dalam bertanya dari 25% sebelum tindakan menjadi 70% serta keaktifan mengerjakan soal ke depan kelas dari 30% sebelum tindakan menjadi 72,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan PAKEM dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar mencapai 70 % bila dilihat dari aspek kognitif dan afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 07:22
Last Modified: 16 Nov 2010 21:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item