Pengembangan Kreativitas Melalui Bermain Fingerpainting Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Pertiwi Trucuk 02 Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Suharni, Suharni and , Drs. Ilham Sunaryo, M. Pd. AUD (2013) Pengembangan Kreativitas Melalui Bermain Fingerpainting Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Pertiwi Trucuk 02 Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_SUHARNI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkankreativitas anak melalui metode bermain finger painting pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi 02 Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014.Subjek penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 02 Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu silus I dan siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti disini bertindak sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa bermain finger painting dari tanah liat dapat meningkatkan kreativitas pada siswa Taman Kanak-kanak Pertiwi Trucuk 02 Tahun Pelajaran 2013/2014 Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan frekuensi dan persentase yang terjadi pada kondisi awal dari 15 siswa belum ada perkembangan kreativitas, pada siklus I meningkat jadi 69,41% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,3%. Tindak lanjut untuk anak yang berlum berhasil, peneliti lebih optimal dalam membimbing, peneliti mengadakan home visit ke rumah siswa, peneliti menyarankan kepada orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak dengan kasih sayang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: finger painting, perkembangan kreativitas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Nov 2013 11:41
Last Modified: 01 Nov 2021 03:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26736

Actions (login required)

View Item View Item