Implementasi Model Pembelajaran Make A Match Dengan Macromedia Flash Pada Materi Organisasi Kehidupan Untuk Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Selo Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Santosajati, Mahanani and , Drs. Djumadi, M.Kes. (2013) Implementasi Model Pembelajaran Make A Match Dengan Macromedia Flash Pada Materi Organisasi Kehidupan Untuk Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Selo Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran pada kelas VII B SMP Negeri 2 Selo Boyolali khususnya pada pelajaran biologi, yaitu: pembelajaran belum berjalan secara optimal, banyak siswa yang kurang siap dalam menerima pelajaran terbukti saat pembelajaran dimulai siswa belum mempersiapkan buku dan masih ramai, siswa cenderung diam dan tidak mau tahu tentang materi pembelajaran sebelum guru menerangkan, tingkat keaktifan siswa rendah, dan guru kurang menggunakan media pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek afektif melalui penerapan model pembelajaran make a match dengan macromedia flash sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai belajar siswa aspek kognitif pada siklus I prosentase ketuntasan 68.97% dengan rata-rata nilai 81.85. Pada siklus II prosentase ketuntasan meningkat menjadi 86.21% dengan nilai rata-rata menjadi 89.64. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I dari bertanya 41.38% dan menjawab 55.17%. Pada siklus II hasil belajar aspek afektif mengalami peningkatan bertanya 75.86% menjawab 79.31%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran make a match dengan macromedia flash pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Selo Boyolali tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar biologi yang meliputi aspek kognitif dan aspek afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, Model pembelajaran Make a match, Macromedia flash.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Nov 2013 10:54
Last Modified: 26 Oct 2021 15:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26728

Actions (login required)

View Item View Item