Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Kotak Angka Pada Anak Kelompok B Di TKIT Insan Harapan Ngawen Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Eryani, Ayudia Ety (2013) Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Kotak Angka Pada Anak Kelompok B Di TKIT Insan Harapan Ngawen Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (992kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui bermain kotak angka pada anak kelompok B TKIT Insan Harapan Ngawen Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus yang dilakukan peneliti berkolaborasi dengan guru kelompok B. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok B TKIT Insan Harapan Ngawen Klaten dengan jumlah anak 22. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan bermain kotak angka kemampuan kognitif anak dapat berkembang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan, dari hasil observasi diperoleh hasil kemampuan kognitif anak sebesar 34,66%. Dari siklus I diperoleh hasil kemampuan kognitif anak berkembang menjadi 64,20% dan pada siklus II berkembang menjadi 87,36% dengan tingkat pencapaian minimal 80%. Hasil penelitian membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa bermain kotak angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TKIT Insan Harapan Ngawen Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, bermain kotak angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:59
Last Modified: 13 Nov 2013 13:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26713

Actions (login required)

View Item View Item