Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Demokratis Dengan Kedisiplinan Kerja Pada Organisasi Pecinta Alam Di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Utami, Cahyawati Setya Budi and , Drs. Mohammad Amir, M.Si (2013) Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Demokratis Dengan Kedisiplinan Kerja Pada Organisasi Pecinta Alam Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (522kB)

Abstract

Kedisiplinan kerja sangat penting bagi organisasi-organisasi saat ini. Hal ini dikarenakan dengan terciptanya kedisiplinan kerja maka akan tercapai tujuan organisasi. Kedisiplinan kerja juga berdampak dalam peningkatan kinerja anggota di suatu organisasi dimana adanya kedisiplinan dalam organisasi merupakan tolok ukur hidupnya norma, tata tertib dan peraturan organisasi yang terkait dengan kepatuhan orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi kedisiplinan kerja adalah gaya kepemimpinan demokratis. Persepsi yang positif terhadap gaya kepemimpinan demokrasi merupakan sarana yang tepat dalam menciptakan suasana yang dapat mendorong munculnya disiplin kerja pada organisasi pecinta alam, sehingga ada kesadaran dari para anggota organisasi tentang perlunya kedisiplinan kerja. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kedisiplinan kerja pada organisasi pecinta alam di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kedisiplinan kerja pada organisasi pecinta alam di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh organisasi pecinta alam (MAPALA) di Universitas Muhammadiyah Surakarta yang meliputi Corps Psychopala, Metala, Dinamik, Mpa Sangguru, Rechta Mahupala, Giri Bahama, Malimpa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive non random sampling yaitu tidak semua individu mempunyai peluang yang sama untuk menjadi anggota sampel, sampel yang dipilih berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik yang telah ditentukan terlebih dahulu oleh peneliti. Jumlah subjek yang digunakan 60 orang. Alat pengumpulan data menggunakan skala gaya kepemmpinan demokratis dan skala kedisiplinan kerja. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan hipotesis ditolak, diperoleh dari koefisiensi korelasi (r) sebesar 0,022 dengan p = 0,863 (p > 0,05). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kedisiplinan kerja pada organisasi pecinta alam di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rerata empirik variabel gaya kepemimpinan demokratis = 106.950 dan rerata hipotetik (RH) = 90 yang berarti gaya kepemimpinan demokratis pada subjek penelitian tergolong tinggi. Rerata empirik variabel kedisiplinan kerja 64,350 dan rerata hipotetik = 55 yang berarti kedisiplinan kerja pada subjek penelitian tergolong tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan demokratis, kedisiplinan kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:49
Last Modified: 27 Oct 2021 02:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item