Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Gagasan Melalui Metode Berceritadengan Papan Flannel Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Wonoboyo Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

WIDYAWATI , ANISSA (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Gagasan Melalui Metode Berceritadengan Papan Flannel Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Wonoboyo Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (838kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kemampuan mengungkapkan gagasan kurang berkembang disebabkan metode yang digunakan masih konvensional (masih berpusat pada guru) yaitu guru hanya berbicara saja.Tujuan penelitian ini mengembangkan kemampuan mengungkapkan gagasan anak di kelompok A di TK Pertiwi Wonoboyo Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK).Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas.Penelitian dilakukan di TK Pertiwi Wonoboyo Jogonalan Klaten dengan jumlah siswa 15 anak.Analisis data dilakukan dengan metode diskriptif komperatif dan diskriptif interaktif. Hasil dari penelitian pembelajaran bercerita dengan papan flanel untuk mengetahui pengembangan mengungkapkan gagasan, sebelum tindakan sampai dengan siklus II yaitu pada pra siklus35,5%, siklus I 60,16% dan siklus II 85,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran bercerita dengan papan flanel dapat mengembangkan kemampuan mengungkapkan gagasan anak, yaitu dapat berkembang mencapai lebih 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mengembangkan kemampuan mengungkapkan gagasan, metode bercerita dengan papan flannel
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:48
Last Modified: 13 Nov 2013 13:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26710

Actions (login required)

View Item View Item