Upaya Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Bentengan Pada Anak Kelompok A TK Indriyasana 5 Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

LUKIDAH, LUKIDAH and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Bentengan Pada Anak Kelompok A TK Indriyasana 5 Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kerjasama anak melalui permainan bentengan pada anak kelompok A TK Indriyasana 5 Gantiwarno Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di TK Indriyasana 5 dengan subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 10 anak. Data mengenai kemampuan kerjasama anak diperoleh melalui lembar tabulasi skor pengembangan kemampuan kerjasama anak, sedangkan data penerapan permainan bentengan diperoleh melalui lembar pedoman observasi penerapan permainan bentengan dan catatan lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data komparatif yaitu dengan membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Dari analisis data menunjukkan bahwa pada Prasiklus diperoleh data 39.69%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui siklus I diperoleh hasil prosentase kemampuan kerjasama anak dalam 1 kelas sebesar 54.38% dan siklus II diperoleh hasil prosentase kemampuan kerjasama anak dalam 1 kelas sebesar 83.43% atau telah mengalami peningkatan sebesar 29.05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan bentengan dapat mengembangkan kemampuan kerjasama anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan bentengan, Kemampuan kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Nov 2021 03:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26700

Actions (login required)

View Item View Item