Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A Di BA ’Aisyiyah Mireng I Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014

KURNIANINGSIH, ERNA and , Dra. Surtikanti, SH. M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A Di BA ’Aisyiyah Mireng I Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kognitif melalui metode eksperimen pada anak kelompok A di TK BA Aisyiyah Mireng I Trucuk Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilaksanakan dua kali siklus dengan enam kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK BA ‘Aisyiyah Mireng I Trucuk tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 16 anak.Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan membaca permulaan anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kognitif anak dikumpulkan melalui permainan eksperimen. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode eksperimen dengan permainan mengenal warna dapat mengembangkan kognitif pada anak di TK BA Aisyiyah Mireng I Trucuk Klaten. Berdasarkan hasil tindakan prasiklus, siklus I, siklus II, yang telah dilaksanakan selama penelitian menunjukkan perkembangan kemampuan kognitif anak didik TK BA ’Aisyiyah Mireng I Trucuk Tahun ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perkembangan kemampuan kognitif yang baik dalam eksperimen yang telah dilaksanakan pada prasiklus mencapai 37,5%, siklus I mencapai 68,27%, siklus II mencapai 78,27%. Dengan demikian penggunaan metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak didik TK BA ’Aisyiyah Mireng I Trucuk Klaten Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam kognitif, eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2013 11:43
Last Modified: 01 Nov 2021 03:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item