Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B Di TK IT An Nisa’ 1 Marditani Celep Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2011/ 201

NGATMIATUN, NGATMIATUN and , Aryati Prasetyarini, M.Pd and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B Di TK IT An Nisa’ 1 Marditani Celep Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2011/ 201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bernyanyi dalam pembelajaran melalui kegiatan kucing-kucingan dan siapa aku pada anak kelompok “B” TK IT An Nisa’ Marditani Celep Kedawung Sragen tahun ajaran 2011/ 2012. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok B TK AnNisa’ Marditani Celep Kedawung Sragen tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 15 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya upaya peningkatan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B di Tk IT 1 An Nisa Marditani, Celep, Kedawung, Sragen . Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi satu indikator dengan 6 butir amatan yaitu dengan indikator membedakan dan menirukan kembali bunyi suara tertentu, dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara, dapat mendengarkan bunyi bahasa dan mengucapkan dengan lafal dan benar, dapat memahami kata dan kalimat sederhana serta mengkomunikasikannya. Dapat berkomunikasi secara lisan dengan lafal yang benar, dapat menceritakan pengalaman kejadian secara sederhana dengan urut. Pada siklus I peningkatan 47% pada siklus II mencapati 60% pada siklus III mencapai 83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwapenerapan kegiatan bermain kucing-kucingan dan siapa aku dengan cara tebaktebakan dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa, Metode Bernyanyi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Nov 2013 11:37
Last Modified: 26 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26692

Actions (login required)

View Item View Item