Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Demokratis Dengan Kepuasan Kerja Pada Organisasi Pecinta Alam Di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fahmi, Dian and , Drs. Mohammad Amir, M.Si (2013) Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Demokratis Dengan Kepuasan Kerja Pada Organisasi Pecinta Alam Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA_skripsi.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (616kB)

Abstract

Kepuasan kerja adalah salah satu aspek psikologis yang mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya, ia akan merasa puas dengan adanya kesesuaian antara kemampuan, keterampilan dan harapannya dengan pekerjaan yang ia hadapi. Kepuasan kerja sangat dibutuhkan dan penting dalam organisasi pecinta alam, hal ini disebabkan karena dengan adanya rasa kepuasan kerja diharapkan anggota akan lebih giat lagi dalam mengerjakan tugas-tugasnya dan dapat meningkatkan produktivias yaitu dapat menyelenggarakan kegiatan yang lebih berkualitas dan juga dapat menurunkan tingkat absensi pada rapat – rapat ataupun kegiatan yang dilaksanakan. Disamping itu kepuasan kerja sangat penting karena dapat meningkatkan komitmen organisasi dan prestasi kerja. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja adalah gaya kepemimpina demokratis. Gaya kepemimpinan demokratis yang rendah akan menimbulkan rasa ketidakpuasan kerja dalam organisasi. Namun, gaya kepemimpinan demokratis yang tinggi akan menimbulkan rasa kepuasan kerja yang tinggi pula. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan demokratis dengan kepuasan kerja. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara gaya kepemimpinan demoktratis dengan kepuasan kerja pada mahasiswa pecinta alam di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh organisasi pecinta alam (MAPALA) di Universitas Muhammadiyah Surakarta yang meliputi Corps Psychopala, Metala, Dinamik, Mpa Sangguru, Rechta Mahupala, Giri Bahama, Malimpa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive non random sampling yaitu tidak semua individu mempunyai peluang yang sama untuk menjadi anggota sampel, sampel yang dipilih berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik yang telah ditentukan terlebih dahulu oleh peneliti. Jumlah subjek yang digunakan 60 orang. Alat pengumpulan data menggunakan skala gaya kepemmpinan demokratis dan skala kedisiplinan kerja. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan hipotesis ditolak, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,197 dengan p = 0,127 (p < 0,05). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kepuasan kerja.Sumbangan efektif variabel gaya kepemimpinan demokratis dengan kepuasan kerja sebesar 3,9%. ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) = 0,039. Rerata empirik variabel gaya kepemimpinan demokratis = 106.950 dan rerata hipotetik = 90 yang berarti gaya kepemimpinan demokratis tergolong tinggi. Rerata empirik variabel kepuasan kerja 47.433 dan rerata hipotetik = 40 yang berarti kepuasan kerja pada subyek tergolong sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan demokratis, kepuasan kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:35
Last Modified: 26 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26674

Actions (login required)

View Item View Item