UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE QUANTUM LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Sumberejo Wuryantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2007/2008)

MULYATI, MULYATI (2008) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE QUANTUM LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Sumberejo Wuryantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040165.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
A410040165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui metode Quantum Learning. Subyek penelitian ini adalah peneliti sebagai pengamat, guru kelas IV SD Negeri I Sumberejo sebagai subyek penberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang sebagai subyek penerima tindakan. Data penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat dari keaktifan dan prestasi belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, review. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskiptif kualitatif dengan metode alur. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meliputi mengerjakan soal di depan kelas pada akhir putaran mencapai 57%, mengkomunikasikan pendapat atau bertanya pada akhir tindakan mencapai 43%, prestasi belajar siswa pada akhir tindakan mencapai 74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Quantum Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 07:05
Last Modified: 16 Nov 2010 21:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item View Item