Mengembangkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B BA Aisyiyah Lorog, Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo, Tahun Ajaran 2013/2014

Candra, Nita Nur and , Dr. Darsinah, M.Si (2013) Mengembangkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B BA Aisyiyah Lorog, Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo, Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (697kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (573kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan sains anak kelompok B pada BA Aisyiyah Lorog, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo melalui metode eksperimen. Subyek penelitian anak kelompok B di BA Aisyiyah Lorog yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan jumlah pertemuan sebanyak 4 kali yaitu pada siklus I sebanyak 2 pertemuan, dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan sains anak dan data penerapan metode eksperimen. Teknik analisis data kemampuan sains anak menggunakan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan hasil rata-rata kemampuan sains anak dengan indikator kinerja pada tiap siklusnya. Teknik analisis data pada metode eksperimen menggunakan teknik analisis interaktif dengan prosedur mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian kemampuan sains melalui metode eksperimen sebelum adanya tindakan adalah 37,2% menunjukkan bahwa kemampuan sains anak belum berkembang, kemudian pada siklus I menunjukkan 70,5% artinya bahwa kemampuan sains anak sudah mulai berkembang,dan pada siklus II menunjukkan 91% menunjukan bahwa kemampuan sains anak sudah berkembang sesuai dengan harapan. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat dikatakan efektif dan berhasil untuk mengembangkan kemampuan sains anak pada kelompompok B BA Aisyiyah Lorog. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan sains, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2013 11:48
Last Modified: 26 Oct 2021 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26665

Actions (login required)

View Item View Item