Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Belajar Heuristik Dan Ekspositori Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Hartato, Devid Agus and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Belajar Heuristik Dan Ekspositori Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis : (1) perbedaan hasil belajar matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran heuristik dan ekspositori, (2) apakah ada perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari keaktifan belajar siswa, (3) adakah interaksi metode pembelajaran Heuristik, metode pembelajaran Ekspositori, dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode test, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik anal isis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik Anava dua jalur dengan sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama pada α = 5% diperoleh : (1) Fhitung = 5,397 < Ftabel = 4,01 ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran heuristik dan metode pembelajaran ekspositori, (2) Fhitung = 4,199 > F tabel = 3,16 sehingga ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan di tinjau dari keaktifan belajar siswa, (3) Fhitung = 0,152 < Ftabel = 3,16 sehingga tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode heuristik dengan siswa yang diberi pengajaran dengan metode ekspositori, ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari keaktifan siswa, tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan keaktifan nterhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, heuristik, ekspositori, keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2013 06:26
Last Modified: 02 Nov 2021 23:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26660

Actions (login required)

View Item View Item