Penggunaan Kalimat Efektif Dan Ejaan Yang Disempurnakan Dalam Naskah Dinas Di Kantor Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus

Prasetiyo, Edi and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.HumProf. Dr. Markhamah, M. Hum. (2013) Penggunaan Kalimat Efektif Dan Ejaan Yang Disempurnakan Dalam Naskah Dinas Di Kantor Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang memerlukan interaksi terhadap sesama sebagai bentuk bahwa manusia saling membutuhkan satu sama lain. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak terlepas dari saling memberikan informasi atau saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain. Salah satu kegiatan komunikasi yang dilakukan yaitu dengan tulisan (surat). Mengingat demikian pentingnya surat dalam kegiatan berkomunikasi, khususnya surat dinas, maka penulisannya perlu mendapat perhatian serius. Bahasa surat harus menggunakan bahasa baku yaitu menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah EYD, serta kalimat yang efektif. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan kalimat efektif dan (2) memaparkan penerapan EYD dalam penulisan naskah dinas. Objek penelitian ini berupa penggunaan kalimat efektif dan pemakaian EYD yang baik dan benar. Penyediaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode survei, teknik dokumentasi, dan teknik simak. Metode analis data dalam penelitian ini menggunakan teknik lanjutan metode agih yaitu teknik lesap (delesi), teknik ganti, dan teknik ubah ujud, alat penentunya berupa satuan lingual. Adapun dalam penyajian hasil analisis mengunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan bahasa (kalimat) pada surat dinas ditemukan adanya penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif. Ketidakefektifan dikarenakan ketidakjelasan subjek dan predikat karena didahului kata depan, penggunaan kata nya yang seharusnya diganti dengan kata sapaan orang ketiga; bapak ibu, saudara, penggunaan kata mubazir (tidak perlu), penggunaan kata yang mempunyai makna hampir sama (sinonimi/hiponimi), penggunaan kalimat yang bertele-tele, dan penggunaan diksi yang tidak tepat; (2) penggunaan EYD juga ada yang tepat dan tidak tepat. Ketidaktepatan meliputi: pemakaian huruf kapital 14 data, huruf miring 1 data, tanda titik 2 data, tanda koma 3 data, penulisan singkatan (akronim) 1 data, angka dan lambang bilangan 6 data, tanda hubung 2 data, penulisan kata turunan 2 data, pemakaian garis miring 1 data, dan tanda kurung 1 data.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Surat, Kalimat efektif, dan EYD
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2013 08:43
Last Modified: 26 Oct 2021 01:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26654

Actions (login required)

View Item View Item