Aplikasi Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas Viic Smp Negeri I Teras Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Prasetyo, Sri Suryo Eko and , Drs. Sumanto (2013) Aplikasi Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas Viic Smp Negeri I Teras Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (608kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (483kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi melalui metode pembelajaran kooperatif model TAI siswa kelas VII C SMP Negeri I Teras Boyolali, tahun ajaran 2012/2013 dari aspek keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi setelah mendapatkan perlakuan pada siklus I dan siklus II. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri I Teras Boyolali yang berjumlah 32 siswa. Pada penelitian ini diharapkan pembelajaran TAI dalam proses pembelajaran Biologi mengalami peningkatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan evaluasi. Sumber data berasal dari Informasi guru dan siswa, observasi, dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa pada mata pelajaran Biologi materi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Teras yaitu dari siswa yang berpartisipasi dalam berdiskusi, mengajukan pertanyaan, mengeluarkan pendapat, menjawab pertanyaan, dan memperhatikan saat guru mengajar sebelum diadakannya tindakan siswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran dengan prosentase sebanyak 60,63%. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan pembelajaran TAI, siklus I meningkat menjadi 66,88% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran TAI dapat meningkatkan partisipasi siswa pada palajaran Biologi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Teras tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, pembelajaran TAI.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Nov 2013 11:44
Last Modified: 26 Oct 2021 15:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26644

Actions (login required)

View Item View Item