Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran biologi materi keanekaragaman makhluk hidup melalui pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Teras tahun ajaran 2012/2013

Suseno, Ugro and , Drs. Sumanto (2013) Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran biologi materi keanekaragaman makhluk hidup melalui pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Teras tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (569kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (474kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Biologi pada materi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Teras Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Sebelum diberikan tindakan keaktifan kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Teras yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melaui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Biologi materi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Teras yaitu dari yang aktif dalam memperhatikan, membaca materi, mengeluarkan pendapat, menjawab pertannyaan, bertanya, membuat ringkasan, memecahkan masalah atau soal, dan mendengarkan presentasi yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match siswa yang aktif dengan prosentase sebanyak 50,00%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match, siklus I meningkat menjadi 61,12% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan siswa pada palajaran Biologi siswa kelas VII F semester genap SMP Negeri 1 Teras tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, strategi index card match, aspek afektif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Nov 2013 11:31
Last Modified: 26 Oct 2021 15:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26643

Actions (login required)

View Item View Item