Konflik Batin Tokoh Ahmad Leonardo Dalam Novel Air Mata Nayla Karya Muhamad Ardiansha El-Zhemary: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMP

Satriawan, Bagas and , Dr. Nafron Hasjim (2013) Konflik Batin Tokoh Ahmad Leonardo Dalam Novel Air Mata Nayla Karya Muhamad Ardiansha El-Zhemary: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
01.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (703kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Air Mata Nayla karya Muhamad Ardiansha El-Zhemary; (2) mendeskripsikan konflik batin yang terjadi pada tokoh Ahmad Leonardo dalam novel Air Mata Nayla karya Muhamad Ardiansha El-Zhemary ditinjau dari psikologi sastra; (3) mengimplementasikan konflik hasil penelitian sebagai bahan ajar studi di SMP. Jenis penelitian ini adalah peelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus terpancang (Embedded Research) dan Studi Kasus (Case Study). Data dalam penelitian ini adalah kata ungkapan, dan kalimat yang terdapat dalam novel Air Mata Nayla karya Muhamad Ardiansha El-Zhemary. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks novel Air Mata Nayla karya Muhamad Ardiansha El-Zhemary dan buku-buku dan artikel di internet yang menguatkan hasil argumentasi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik pustaka dan teknik simak dan catat. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri ataspembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian dari segi struktur yang membangun yaitu (1) Tema yaitu pencarian jati diri Ahmad Leonardo; (2) Alur yang digunakan adalah alur maju (progresif); (3) Latar mengambil latar tempat, waktu, dan sosial yaitu di daerah Kalimantan Barat pada sekitar tahun 2000 dan berlangsung selama dua tahun, dan latar sosialnya adalah masyarakat nelayan dan pelajar; (4) Penokohan terdiri dari tokoh utama dan tokoh antagonis, berdasarkan perwatakannya mengandung tiga aspek, yaitu fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Hasil analisis konflik batin menunjukkan bahwa tokoh Ahmad Leonardo memiliki tiga jenis konflik, batin yaitu konflik mendekat-mendekat (approach-approach conflict), konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance conflict), dan konflik menjauh-menjauh (avoidance-avoidance conflict). Hasil dapat diimplementasikan pada siswa di kelas IX semester 1 (gasal) dengan standar kompetensi: 13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel dan kompetensi dasar: 13.1 menerangkan sifatsifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada novel Air Mata Nayla karya Muhamad Ardiansha El- Zhemary ditemukan nilai dalam konflik batin Ahmad Leonardo yang dapat diteladani oleh peserta didik, yaitu kesabaran, cinta dan tanggung jawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konflik batin Ahmad Leonado, novel Air Mata Nayla, Psikologi Sastra
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2013 07:55
Last Modified: 26 Oct 2021 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26628

Actions (login required)

View Item View Item