Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Jala Karya Titis Basino: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Robingah, Siti (2013) Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Jala Karya Titis Basino: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (728kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Jala karya Titis Basino; (2) mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Jala karya Titis Basino. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Jala karya Titis Basino adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai sosial dalam novel Jala karya Titis Basino yang diterbitkan oleh Yayasan Bentang Budaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil: (1) Analisis struktur terhadap novel Jala karya Titis Basino menyimpulkan bahwa tema dari novel Jala karya Titis Basino adalah kehidupan sosial masyarakat urban yang miskin di perkampungan kumuh sepanjang bantaran sungai. Alur dibuat dengan alur maju, tokoh utama adalah Mariati, sedangkan tokoh minor adalah Pamuji dan Juwita. Latar tempat di Jakarta, Bekasi, dan Brebes. Latar waktu sekitar tahun 1984 hingga masa reformasi tahun 1998. Latar sosial menggambarkan kawasan pinggiran sungai di Jakarta. (2) Nilai sosial yang terdapat dalam novel Jala, yaitu nilai kasih sayang, nilai tanggung jawab, dan nilai keserasian hidup. Nilai kasih sayang terdiri dari cinta dan kasih sayang, pengabdian, tolong-menolong, kekeluargaan, dan kepedulian. Nilai sosial tanggung jawab terdiri dari rasa menerima dan memiliki, pelaksanaan kewajiban, dan kedisiplinan. Selanjutnya nilai keserasian hidup terdiri dari nilai keadilan, toleransi, kerjasama, dan demokrasi. (3) Implikasi nilai-nilai sosial dalam novel Jala karya Titis Basino dalam pembelajaran sastra di SMA didasarkan standar kompetensi membaca yang termuat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Standar kompetensi ini menuntut siswa mampu menggunakan berbagai teknik membaca untuk memahami wacana karya sastra. Kompetensi dasar yang harus dicapai adalah siswa mampu membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. Nilai sosial yang dapat dijadikan tauladan adalah nilai kasih sayang, tanggung jawab, dan keserasian hidup dalam bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai sosial, sosiologi sastra, novel Jala
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2013 07:17
Last Modified: 09 Nov 2013 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26625

Actions (login required)

View Item View Item