Pengaruh Penerapan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (Kmtt) Terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian pada Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Fauziah, Nur Amalina and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Pengaruh Penerapan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (Kmtt) Terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian pada Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_english.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh KMTT terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini ex post facto dimana tidak ada perlakuan yang diberikan kepada subyek penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Islam 1 Surakarta pada tanggal 3 juli sampai dengan 8 juli 2013 dengan populasi kelas VII, sampel kelas penelitian kelas VII G dan VII I yang masing-masing terdiri dari 36 siswa dan 32 siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling dengan maksud dan tujuan tertentu. Metode pengumpulan data melalui metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan Khi Kuadrat yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji homogenitas. Keabsahan data dilakukan dengan mengambil hasil nilai ujian tengah semester genap siswa kelas VII G dan VII I tahun pembelajaran 2012/2013. Dari hasil penelitian untuk α = 5% siswa yang melakukan kegiatan KMTT dapat dikategorikan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok rendah(20,58%), kelompok sedang(54,42%), dan kelompok tinggi(25%). Sedangkan dari hasil belajar yang diperoleh dari nilai ujian tengah semester genap kelas VII G dan VII I tahun pembelajaran 2012/2013 siswa dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok siswa dengan nilai rendah(14,71%),sedang(64,71%) dan tinggi(20,58%). Dapat disimpulkan (1)terdapat pengaruh KMTT terhadap hasil belajar sebanyak 55%, (2)hasil analisis juga menunjukkan adanya perbedaan hasil antara siswa yang melakukan KMTT rendah dan siswa yang melakukan KMTT tinggi sebanyak 41%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan, Mandiri, Terstruktur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Nov 2013 10:40
Last Modified: 02 Nov 2021 23:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26615

Actions (login required)

View Item View Item