ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN DALAM PEMILIHAN MINUMAN BERENERGI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Toranda, Nanda (2008) ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN DALAM PEMILIHAN MINUMAN BERENERGI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040347.pdf

Download (186kB)
[img] PDF
B100040347.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)

Abstract

Usaha yang dilakukan perusahaan untuk selalu mempertahankan konsumen antara lain dengan meningkatkan kualitas produk, layanan purna jual dan layanan pelanggan, serta melakukan survey konsumen untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap atribut produk, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: tanggapan konsumen terhadap atribut produk minuman berenergi di kalangan mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bermaksud menggambarkan objek penelitian apa adanya. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel diambil sebanyak penelitian adalah 100 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik Random Sampling. Sumber data adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji Validitas dan uji Reliabilitas serta uji Confirmatory Factor Analisis (CFA). Hasil analisis CFA menunjukkan bahwa : (1) Aspek yang mengelompok pada segmen A adalah rasa, harga, isi/kandungan, kegunaan, dan efek samping dengan loading factor lebih dari 0,50. Sedangkan yang mengelompok pada segmen B adalah tanggal kadaluwarsa dan izin badan POM dengan loading factor lebih dari 0,50. Kemudian mengelompok pada segmen C adalah petunjuk penggunaan dan cara penyajian dengan loading factor lebih dari 0,50. Artinya segmen A yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk minuman berenergi adalah rasa, harga, isi/kandungan, kegunaan, dan efek samping; segmen B yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk minuman berenergi adalah tanggal kadaluwarsa dan izin badan POM, sedangkan pada segmen C yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk minuman berenergi adalah petunjuk penggunaan dan cara penyajian; (2) Nilai rata-rata tanggapan responden terhadap atribut produk minuman berenergi adalah sebesar 52,400 termasuk kategori positif. Artinya atribut rasa, harga, kemasan, isi, tau kandungan, kegunaan, petunjuk penggunaan, efek samping, cara penyajian, tanggal kadaluwarsa, dan izin badan POM sangat dipertimbangkan oleh konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : karakteristik produk, tanggapan konsumen, minuman berenergi, Confirmatory Factor Analysis (CFA).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2009 06:50
Last Modified: 16 Nov 2010 21:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item