ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PEMBENTUKAN CUSTOMER LOYALTY PADA JENIS MEREK PASTA GIGI DENGAN ANALISIS SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELLING) (Studi Kasus: Mahasiswa mahasiswi UMS)

ASTUTI , PURBOSARI YUDHA (2008) ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PEMBENTUKAN CUSTOMER LOYALTY PADA JENIS MEREK PASTA GIGI DENGAN ANALISIS SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELLING) (Studi Kasus: Mahasiswa mahasiswi UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D600040066.pdf

Download (107kB)
[img] PDF
D600040066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

Dalam kondisi semakin maraknya persaingan merek dalam kategori produk tertentu, perusahaan harus memiliki merek yang kuat (ekuitas merek yang tinggi) dan pelanggan yang loyal (customer loyalty yang tinggi). Ada 4 dimensi ekuitas merek (brand equity) yaitu kesadaran merek(brand awareness), loyalitas merek (brand loyalty), asosiasi merek (brand association) ,dan kesan kuallitas (perceived quality). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian konsumen terhadap ekuitas merek pasta gigi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan suatu merek sehingga membentuk konsumen yang loyal. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi penyebaran kuesioner pada mahasiswa mahasiswi UMS dan pengolahan kuesioner yaitu menggunakan analisis deskriptif dan pengolahan melalui AMOS 5.0 dalam SEM (Structural Equation Modeling) untuk mengetahui apakah brand equity berpengaruh besar dalam pembentukan customer loyalty. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 32% mahasiswa mahasiswi UMS menggunakan Pepsodent di mana dalam hal ini mempunyai keunggulan dalam hal harga dan kualitas. Adapun ekuitas merek (brand equity) dari merek-merek pasta gigi tersebut tidak berpengaruh signifikan dal hal pembentukan customer loyalty, hal ini terjadi karena terdapat dimensi dari brand equity tersebut yang ternyata tidak berpengaruh signifikan dalam pembentukan konsumen yang loyal. Dimensi tersebut yaitu brand loyalty dan brand association.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand equity, Customer loyalty, dan SEM (structural equation modelling)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 Jun 2009 06:27
Last Modified: 21 Feb 2011 05:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item View Item