Pelaksanaan Bantuan Kesehatan Melalui Kartu Jamkesmas Bagi Masyarakat Miskin Di Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri (Studi Kasus di Kelurahan Tegalrejo tahun 2013)

Affandi, Virgo Cahyo (2013) Pelaksanaan Bantuan Kesehatan Melalui Kartu Jamkesmas Bagi Masyarakat Miskin Di Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri (Studi Kasus di Kelurahan Tegalrejo tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (396kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Bantuan Kesehatan Melalui Kartu Jamkesmas Bagi Masyarakat Miskin Di Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri Studi Kasus Di Kelurahan Tegalrejo Tahun 2013. Pelaksanaan program Jamkesmas di Kabupaten Wonogiri khususnya masyarakat Kelurahan Tegalrejo meliputi beberpa aspek yaitu: tersedianya data kepesertaan yang sesuai dengan kebijakan, adanya pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis penyelenggaraan Jamkesmas, terlaksananya kebijakan program Jamkesmas, terlayaninya peserta Jamkesmas di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit dan terpenuhinya kecukupan dana dalam penyelenggaraan Jamkesmas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dengan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan program Jamkesmas bagi masyarakat miskin khususnya di Kelurahan Tegalrejo. 2) mengidentifikasi faktor–faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program Jamkesmas bagi masyarakat miskin di Kelurahan Tegalrejo. 3) narasumber dari penelitian ini adalah Dokter kepala Puskesmas dan Rawat Inap Purwantoro, pengelola program Jamkesmas di Puskesmas Purwantoro, pengelola Jamkesmas dan Jampersal UPT Rawat Inap Purwantoro dan seksi kesejahteraan sosial Kelurahan Tegalrejo. 4) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan program Jamkesmas di wilayah Kelurahan Tegalrejo masih ditemukan berbagai persoalan salah satunya masih banyak data yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya, data tidak menyasar, dan data tidak sesuai dengan keadaan masyarakat di lapangan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan pencocokan data yang dapat dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak perangkat desa Kelurahan Tegalrejo yang mengetahui kondisi masyarakatnya. Hal ini dimaksudkan agar hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dapat terpenuhi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Kesehatan, Jamkesmas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Nov 2013 08:56
Last Modified: 06 Nov 2013 08:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26594

Actions (login required)

View Item View Item