Implementasi Program Keluarga Berencana Di Kalangan Umat Islam Jaulah (Studi Kasus di Desa Pilangsari Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen)

Widiyono, Widiyono (2013) Implementasi Program Keluarga Berencana Di Kalangan Umat Islam Jaulah (Studi Kasus di Desa Pilangsari Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (176kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mendiskripsikan 1) Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di kalangan umat islam jaulah di Desa Pilangsari, Gesi, Sragen. 2) Kendala yang dihadapi oleh penyuluh Program Keluarga Berencana di kalangan umat islam jaulah di Desa Pilangsari, Gesi, Sragen. 3) Solusi penyelesaian dari kendala penyuluhan Program Keluarga Berencana di kalangan umat islam jaulah di Desa Pilangsari, Gesi, Sragen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi nonsistematis, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Program Keluarga Berencana dalam umat Islam Jaulah itu dibolehkan tetapi harus sesuai dengan permusyawarahan keluarga dan hadis nabi karena demi mempertimbangkan biaya rumah tangga selagi keduanya masih hidup, jangan sampai anak itu menjadi beban. 2) Kendala yang dihadapi oleh penyuluh Program Keluarga Berencana, rendahnya pendidikan, rendahnya sosial-ekonomi, kuarangnya sarana dan prasarana, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya program norma keluarga kecil bahagia sejahtera. 3) Solusi penyelesaian yang dihadapi oleh penyuluhan Program Keluarga Berencana , penyebaran informasi mengenai Program Keluarga Berencana yang dilakukan masyarakat dengan cara lisan menunjukan bahwa proses penyelenggaraan pelayanan Keluarga Berencana, program keluarga berencana pada dasarnya bertujuan untuk menekan la ju pertumbuhan penduduk dengan memberikan solusi berupa pemasangan ataupun pemakaian alat kontrasepsi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, program keluarga berencana , umat islam jaulah
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2013 08:02
Last Modified: 01 Nov 2013 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item View Item