Wijayanti, Pipit Fitri and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2013) Aspek Penididikan Nilai Religius Dan Optimisme Untuk Pembelajaran PKn (Analisis isi dalam Film Hafalan Shalat Delisa). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (349kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek pendidikan nilai religius dan optimism dalam film Hafalan Shalat Delisa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di kost karena yang diteliti adalah film. Subjek dari penelitian ini adalah film Hafalan Shalat Delisa, dan objek dari penelitian ini adalah aspek pendidikan nilai religius dan optimism dalam film Hafalan Shalat Delisa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek pendidikan nilai religius disampaikan lewat dialog dan adegan dalam film tersebut. Optimisme dalam film ini dapat dipahami melalui dialog dan adegan yang diperankan oleh pemain menggambarkan tentang kehidupan saat bencana tsunami. Aspek pendidikan nilai religius dalam film Hafalan Shalat Delisa dilihat dari 3 (tiga) indikator yaitu aqidah, akhlak, dan ibadah. Optimisme dalam film Hafalan Shalat Delisa dilihat dari 7 (tujuh) indikator yaitu memiliki pengharapan yang tinggi (tidak putus asa), jarang terkejut oleh kesulitan, tidak bersikap pasrah, menjalin hubungan sosial, selalu gembira bahkan ketika tidak bisa merasa bahagia, mampu memotivasi diri, dan menerima apa yang tidak bisa diubah. Cerita film Hafalan Shalat Delisa mengandung aspek pendidikan nilai religius dan optimism sehingga film tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aspek pendidikan nilai religius, optimisme, film Hafalan Shalat Delisa, analisis isi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 01 Nov 2013 07:45 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 01:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26578 |
Actions (login required)
View Item |