Masalah Sosial Dalam Novel Tonggak Sang Pencerah Karya Yazid R. Passandre: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma

Pramono, Bambang and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2013) Masalah Sosial Dalam Novel Tonggak Sang Pencerah Karya Yazid R. Passandre: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftaar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan struktur yang membangun novel Tonggak Sang Pencerah (TSP) karya Yazid R. Passandre, (2) mendeskripsikan wujud masalah sosial dalam novel TSP menggunakan tinjauan sosiologi sastra, dan (3) mengimplementasikan masalah sosial dalam novel TSP sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini yaitu kalimat dan wacana dalam novel TSP. Sumber data penelitian yaitu novel TSP karya Yazid R. Passandre. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Struktur novel TSP sebagai berikut. (1) Temanya adalah keberhasilan Kiai Dahlan dalam membawa pencerahan di bidang agama Islam maupun ilmu pengetahuan. (2) Fakta cerita novel TSP yaitu: (a) penokohannya menghasilkan tokoh berdasarkan sifat dan peran, aspek, dan perwatakannya, (b) alurnya adalah alur maju, dan (c) latarnya meliputi latar tempat (Yogyakarta, Kauman, Ngadisuryan, dan Mekkah), latar waktu (berlangsung selama 43 tahun yaitu tahun 1869-1912 M), dan latar sosial (kehidupan sosial masyarakat yang lekat dengan tradisi). Wujud masalah sosial dalam novel TSP adalah sebagai berikut. (1) Masalah kemiskinan berwujud kemiskinan harta dan kemiskinan ilmu. (2) Masalah kriminalitas berwujud penindasan, kekerasan, perampasan, pengancaman, dan penjajahan. (3) Masalah kenakalan anak-anak muda berwujud perkelahian antarpemuda, saling hujat antarpemuda, dan perilaku tidak sopan pemuda terhadap orang tua. (4) Masalah perselisihan agama berwujud perbedaan pandangan, fitnah, dan perusakan tempat ibadah. Hasil implementasi masalah sosial dalam novel TSP yaitu (1) masalah sosial dalam novel TSP relevan dengan KD 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan, (2) masalah sosial dalam novel TSP relevan dengan pembangunan nilai budaya dan karakter bangsa dalam diri peserta didik, dan (3) masalah sosial dalam novel TSP dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: novel Tonggak Sang Pencerah, masalah sosial, sosiologi sastra, implementasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 31 Oct 2013 12:55
Last Modified: 02 Nov 2021 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26572

Actions (login required)

View Item View Item