Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata Dan Novel Menerjang Batas Karya Estu Ernesto: Kajian Interteks Dan Implementasi Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma

Kusuma, Untari Indriyana and , Dr. Nafron Hasyim (2013) Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata Dan Novel Menerjang Batas Karya Estu Ernesto: Kajian Interteks Dan Implementasi Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (611kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan Menerjang Batas karya Estu Ernesto, (2) mendeskripsikan hubungan intertekstualitas nilai-nilai nasionalisme dalam novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan Menerjang Batas karya Estu Ernesto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah nilai-nilai nasionalisme pada novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan Menerjang Batas karya Estu Ernesto. Sumber data yang diperoleh dari novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata, diterbitkan oleh Bentang, cetakan pertama tahun 2011, dan novel Menerjang Batas karya Estu Ernesto, diterbitkan oleh Bogalakon, cetakan pertama tahun 2012. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi teori. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik, yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) struktur novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan Menerjang Batas karya Estu Ernesto, yaitu tema pada novel Sebelas Patriot dan Menerjang Batas adalah semangat cinta tanah air dan kegigihan. Tokoh utama pada novel Sebelas Patriot adalah Ikal, pada novel Menerjang Batas adalah Edi Baskoro dan Gabriel Omar Baskoro. Alur dalam novel Sebelas Patriot dan Menerjang Batas adalah alur maju atau progresif. Latar pada novel Sebelas Patriot, yaitu latar tempat adalah Indonesia, Perancis, dan Spanyol. Latar waktu dari hari lahir Ratu Belanda dan menjelang tahun 1945, latar sosial novel ini adalah ketertindasan dan kemiskinan, religius, dan menjunjung cinta anah air. Latar pada novel Menerjang Batas, yaitu latar tempat Semarang, Jakarta, Jogjakarta, Bandung, TK Bakti Pertiwi, Kontrakan Edi, Kantor Edi Bakoro, Cempaka Putih Barat, Hotel Batavia Red, Stadium Mudeung, Stadion Rizal Memoriam Manila, Stadium Mandala, King Fahd Internasional Stadium di Jeddah, Workers Stadium, Vietnam, Ngurah Rai Internasional Stadium, Australia, Danau Tempe, Hotel Abudabi City, dan Arena Amazonia. Latar waktu berawal dati tahun 1986 hingga tahun 2013. Latar sosial novel ini adalah budaya Jawa dan berpendidikan; (2) hubungan interteks nilai-nilai nasionalisme dalam novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan Menerjang Batas karya Estu Ernesto, meliputi (a) menjaga persatuan dan kesatuan, (b) rela berkorban, (c) bangga terhadap bangsa dan negara, (d) mengharumkan nama bangsa dan negara. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan pembelajaran di SMA kelas XI semester I pada standar kompetensi membaca 7. Memahami berbagai hikayat,novel Indonesia/terjemahan. Kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: struktur novel Sebelas Patriot dan Menerjang Batas, nasionalisme, kajian interteks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 31 Oct 2013 12:37
Last Modified: 02 Nov 2021 03:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26569

Actions (login required)

View Item View Item