Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Media Kartu Bilangan Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Jelobo II Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Pratiwi, Rakhmawati Niken (2013) Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Media Kartu Bilangan Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Jelobo II Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_File__Halaman_Depan.pdf

Download (538kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_File_BAB_I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
05_File_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
06_File_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_File_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
08_File_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_File_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_File_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_File_Jurnal_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (436kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam pembelajaran anak melalui media kartu bilangan pada anak kelompok B TK Pertiwi Jelobo II Wonosari Klaten tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK Pertiwi Jelobo II Wonosari Klaten tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlahkan 20 anak. Data kemampuan kognitif di kumpulkan melalui metode oservasi dan pelaksanaan bermain kartu bilangan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi pengembangan kemampuan kognitif melalui media kartu bilangan. Hal ini diketahui dari hasil pada setiap siklus, yaitu kemampuan kognitif melalui media kartu bilangan Prasiklus 40,13%, siklus I naik menjadi 60,27%, dan siklus II naik menjadi 85,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu bilangan dapat mengembangkan kemampuan kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, kartu bilangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 07:47
Last Modified: 31 Oct 2013 07:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26557

Actions (login required)

View Item View Item