Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Harta Karun di KB Insan Mulia Serengan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Utami, Endang Mustika and , Dra. Surtikanti, SH.M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Harta Karun di KB Insan Mulia Serengan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (984kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan harta karun pada anak KB Insan Mulia Serengan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah anak KB Insan Mulia Serengan Surakarta yang berjumlah 15 anak. Data kemampuan berbahasa dalam pengembangan kemampuan berbahasa melalui permainan harta karun, dilaksanakan dengan metode observasi. Pengumpulan data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat interaktif terdiri dari tiga teknik pengumpulan data yaitu pengalaman (experiencing) dilakukan dalam bentuk observasi, pengungkapan (enquiring) dilakukan melalui wawancara dan pembuktian (examining) dilakukan dengan mencari bukti-bukti dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berbahasa melalui permainan harta karun. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pada siklus, yaitu siklus I menyebutkan nama benda yang di dapat dari permainan harta karun kemudian menceritakan secara sederhana 66,88%, dan siklus II meningkat menjadi 93,54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan harta karun dapat mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, permainan harta karun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 07:09
Last Modified: 26 Oct 2021 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26555

Actions (login required)

View Item View Item