Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putra Tentang Bahaya Minuman Keras Di Desa Blulukan Colomadu Karangayar

NUGROHO, WIKA SETIO and , HM. Abi Muhlisin, SKM, M.Ke p and , Noor Alis., S.KM., M.KM (2013) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putra Tentang Bahaya Minuman Keras Di Desa Blulukan Colomadu Karangayar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap remaja putra tentang bahaya mengkonsumsi minuman keras di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar. Saat ini di sebagian masyarakat masihbanyak remaja yang mengkonsumsi minuman keras seperti alcohol. Tingginya remaja minum minuman keras karena berbagai faktor yang melarbelakanginya seperti kurangnya pengetahuan tentang bahaya minumanan keras ataupun sikap yang negatif dalam menilai minum minuman keras, yang pada akhirya remaja mengkonsumsi alkohol. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap remaja putra tentang bahaya mengkonsumsi minuman keras di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah “Quasi experiment” menggunakan rancangan pretest-posttest with control group design. Sampel penelitian adalah remaja di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar sebanyak 72 orang yang terbagi 36 orang kelompok perlakuan dan 36 orang kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Intrument penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode penyuluhan dengan menggunakan ceramah dan memberikan leflet . Analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian diketahui Tingkat pengetahuan remaja tentang bahaya minuman keras sebelum dilakukan pendidikan kesehatan banyak dalam kategori rendah yaitu 50%. Tingkat setelah diberi pendidikan kesehatan meningkat menjadi tinggi. Sikap remaja tentang bahaya minuman keras sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar masuk kategori positif yaitu lebih dari 50%.Tidak terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan p-value = 0,091. Namun terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat perubahan sikap sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan p-value = 0,001.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, minuman keras, pengetahuan, sikap, remaja putra
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 30 Oct 2013 12:47
Last Modified: 02 Jun 2016 00:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26550

Actions (login required)

View Item View Item