Analisis Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa SD, SMP Dan Guru Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir Di Kompleks Sekolah Desa Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta

LESTARI , SRI (2013) Analisis Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa SD, SMP Dan Guru Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir Di Kompleks Sekolah Desa Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (452kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (972kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pengetahuan siswa dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir (2) tingkat keterampilan siswa dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswadan guru yang terdapat pada kompleks sekolah di Desa Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta yang meliputi SD N Karengan 124, SD N Kampung Sewu 25, dan SMP MIS Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Teknik cuplikan menggunakan purposive dengan cara snowball. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan koesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Trianggulasi data atau sumber digunakan dalam tehnik validitas data, untuk Teknik analisa yang digunakan adalah model Miles dan Huberman : Pengumpulan data, Display data, Reduksi data dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan: (1) Pemahaman pengetahuan siswa SDN Karengan No. 124 ratarata paham dengan pengetahuan bencana banjir. (2) siswa SDN Kampung Sewu No. 25 sudah cukup memahami tentang bencana banjir. (3) SMP MIS Sukakarta paham dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir yang sering melanda sekolah tersebut (4) Pengetahuan guru paham siapsiaga bencana tinggi sehingga mampu memberi bekat pengetahuan kepada siswa-siswa. Dan tingkat keterampilan: (1) SDN Karengan No. 124 terampil dalam kesiapsiagaan bencana banjir. (2) SDN Kampungsewu No. 25 terampil (3) SMP MIS Surakarta kurang terampil dalam kesiapsiagaan bencana banjir.(4) Keterampilan guru sangat terampil dalam siapsiaga bencana dan mampu memberikan pengarahan kepada siswa-siswi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan dan keterampilan siapsiaga bencana, pemahaman tentang bencana banjir.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 12:21
Last Modified: 31 Oct 2021 08:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item View Item