Marsi, Marsi and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2013) Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (729kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (763kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep perlindungan dan penegakan HAM dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo tahun 2013. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo yang berjumlah 32 anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber serta tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan xvi melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep ini penguasaan mengenai konsep perlindungan dan penegakan HAM dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo tahun 2013 dapat meningkat minimal 75% dari 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan dengan menerapkan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep ini, siswa yang menguasai konsep atau telah memenuhi KKM sebanyak 10 anak (31,25%) dari 32 siswa. Kemudian setelah diberi tindakan dengan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep pada siklus I yang telah memenuhi KKM sebanyak 20 anak (62,5%) dari 32 siswa, dan pada siklus II yang telah memenuhi KKM sebanyak 26 anak (81,25%) dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Index Card Match kolaborasi Peta Konsep dapat meningkatkan penguasaan konsep perlindungan dan penegakan HAM dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match, Peta Konsep, dan HAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 11:48 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 01:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26539 |
Actions (login required)
View Item |