Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Moving Class (Studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013)

Irwanto, Danang and , Dra. Sundari, SH., M.Hum. (2013) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Moving Class (Studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (330kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui moving class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah deskriptip kualitatif. Strategi penelitian adalah studi kasus tunggal dengan subjeknya adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi siste-matis, wawancara tertsruktur dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan dengan menggunaka n analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui Moving Class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Pada dasarnya pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab sering dialami dan dirasakan oleh guru dan siswa, mulai dari hal kecil sampai besar, contohnya kedisiplinan memarkirkan kendaraan dan antri bayar SPP. Memarkir kendaraan bermontor dilaksanakan rutin setiap hari oleh guru dan siswa. Siswa diajarkan berdisiplin memarkir kendaraan tujuannya menumbuhkan sikap dan perilaku mandiri, disiplin, toleransi, peduli sosial, kerapian dan keindahan, sedangkan antri bayar SPP bertujuan menumbuhkan sikap disiplin, toleransi, mandiri, tanggung jawab dan membudayakan antri di sekolah. (2) kendala -kendala pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui moving class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yaitu karaker siswa yang berbeda beda, Moving Class program yang baru. (3) solusi untuk mengatasi kendala -kendala pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui moving class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah memberikan pengarahan, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab yang baik secara indiv idu maupun kelompok dalam setiap kegiatan, serta memberi hukuman bagi siswa yang kurang disiplin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pendidikan karakter, Disiplin , Tanggung jawab, Moving class
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 11:41
Last Modified: 26 Oct 2021 01:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26537

Actions (login required)

View Item View Item