Evaluasi Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Gunung Merapi Di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Mujiburrohman, Muhammad and , Drs. Suharjo, M.S (2013) Evaluasi Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Gunung Merapi Di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (888kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Fenomena gunungapi Merapi yang sering terjadi bisa berubah menjadi ancaman bahkan bencana yang menimpa penduduk Sidorejo, namun demikian kewaspadaan masyarakat dan perangkat Desa perlu diketahui sejauh mana dan bagaimana pelaksanaan untuk meminimalisir korban. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sikap masyarakat terhadap tingkat aktivitas gunung Merapi serta melakukan evaluasi mengenai kesiapsiagaan bencana gunung Merapi di Desa Sidorejo. Metode dilakukan dengan menggunakan survey (observasi, penyebaran angket/form dan wawancara). Fenomena alam erupsi gunung Merapi tahun 2010 silam menjadi sebuah bencana di Desa Sidorejo. Kesiapsiagaan ditunjukkan terdapatnya Tim Siaga Desa (TSD), pelatihan atau simulasi bencana yang dilakukan warga Sidorejo dan adanya Silabus mengenai informasi gunungapi Merapi di Satuan Pendidikan. Selain itu jalur evakuasi, perbaikan sarana dan prasarana menjadi salah satu langkah awal untuk menyelamatkan diri dan keluarga. Hasil yang diperoleh dari ketiga data (Organisasi, Masyarakat dan Satuan Pendidikan) diwujudkan dengan dibentuknya TAGANA mengkhususkan pada Dapur Umum, PASAG MERAPI bertugas di Kesiapsiagaan, FORUM KLASTER MERAPI di sektor Ekonomi dan ORA MERAPI dibidang koperasi dan pengobatan. Sedangkan masyarakat sendiri diambil sampel data sebanyak 7 (informan) dalam wawancara, dengan kesimpulan bahwa masyarakat Sidorejo siap apabila sewaktu-waktu terjadi erupsi Merapi. Kemudian dari Satuan Pendidikan (SDN 1 dan 2 Sidorejo), terdapatnya silabus “Sistem Penilaian Merapi” dimana standar kompetensi yang dibuat mengarahkan pada bagaimana mengartikan gunungapi Merapi sebagai manfaat bagi penduduk sekitar dan bagaimana upaya untuk menyelamatkan diri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kesiapsiagaan, bencana.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 11:38
Last Modified: 31 Oct 2021 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26535

Actions (login required)

View Item View Item