Analisis Bentuk Konjungsi Koordinatif Dan Subordinatif Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta

Ervianingtyas, Vera and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.Hum (2013) Analisis Bentuk Konjungsi Koordinatif Dan Subordinatif Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (794kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan pemakaian bentuk klausa subordinatif yang dipakai siswa SMP Muhamadiyah 1 Surakarta pada karangan siswa dan mengetahui dan mendeskripsikan pemakaian bentuk klausa koordinatif pada karangan siswa SMP Muhamadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik simak, teknik catat, dan teknik dokumentasi.Teknik simak adalah suatu metode pemerolehan data yang dilakukan dengan cara menyimak suatu penggunaan bahasa (Sudaryanto dalam Mahsun, 2005: 90). Teknik dokumentasi adalah cara mengumpulkan data dengan mengklasifikasi bahan-bahan tertulis yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulan bahwa: 1) konjungsi koordinatif yang ditemukan pada karangan narasi siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta meliputi: konjungsi koordinatif penjumlahan terdapat 10 data dengan menggunkan jenis kata hubung “dan” dan “dengan”. Konjungsi koordinatif pemilihan ada 1, dengan menggunakan kata hubung “atau”. Konjungsi koordinatif pertentangan ada 6, dengan menggunakan kata hubung “tetapi”. Konjungsi koordinatif penegasan ada 1, dengan menggunakan kata hubung “bahkan”. Konjungsi koordinatif pengurutan ada 7, dengan menggunakan kata hubung “lalu” dan “kemudian”. Konjungsi koordinatif penyamaan ada 3, dengan menggunakan kata hubung “yaitu”. Konjungsi koordinatif penyimpulan ada 2, dengan kata hubung “jadi”. 2) Konjungsi koordinatif yang ditemukan pada karangan narasi siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta meliputi: konjungsi subordinatif penyebaban ada 9, dengan menggunakan kata hubung “karena”. Konjungi subordinatif penyungguhan ada 1, dengan menggunakan kata hubung “walaupun”. Konjungsi subordinatif kesewaktuan ada 2, dengan menggunakan kata hubung “sebelum” dan “setelah”. Konjungsi pengakibatan ada 3, dengan menggunakn kata hubung “sampai” dan “sesampai”. Konjungsi subordinatif perbandingan ada 1, dengan mengunakan kata hubung “seperti”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konjungsi, koordinatif, subordinatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Oct 2013 12:26
Last Modified: 02 Nov 2021 03:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26531

Actions (login required)

View Item View Item