Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa dalam Menggunakan Produk Fashion Bermerek

Sari, Indah Komala (2013) Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa dalam Menggunakan Produk Fashion Bermerek. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (262kB)

Abstract

Kecenderungan perilaku konsumtif adalah keinginan yang memungkinkan timbulnya perilaku konsumtif dalam membeli dan menggunakan barang-barang yang kurang diperhitungkan dengan kebutuhannya sehingga tidak berdasar rasional dan cenderung mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan. Kecenderungan perilaku konsumtif banyak terjadi pada remaja, tidak terkecuali mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa dalam menggunakan produk fashion bermerek. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara konsep diri dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa dalam menggunakan produk fashion bermerek. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari dua fakultas di masingmasing Universitas Surakarta yakni UNS dan UMS. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu melakukan pengambilan sampel yang terpilih oleh peneliti menurut ciri-ciri yang telah ditentukan, dengan jumlah subyek sebanyak 100 orang. Dengan karakteristik remaja putri yang berusia 18-22 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecenderungan perilaku konsumtif berdasarkan aspek–aspek dari Assuari (1987) dan skala konsep diri berdasarkan aspek –aspek dari Berzonsky (1981) . Hasil korelasi product moment dari Pearson menunjukkan angka korelasi sebesar r = -0,322 dengan p = 0,001 (p< 0,01) yang berarti ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa dalam menggunakan produk fashion bermerek. Sumbangan efektif variabel konsep diri terhadap variabel kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa dalam menggunakan produk fashion bermerek sebesar 10,4% sedangkan sisanya 89,6% faktor lain yang mempengaruhi kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa dalam menggunakan produk fashion bermerek. Rerata empirik variabel konsep diri 108,77 dan rerata hipotetik 92,5 yang tergolong sangat rendah, sedangkan Rerata empirik variabel kecenderungan perilaku konsumtif 66,51 dan rerata hipotetik 60 yang tergolong sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, kecenderungan perilaku konsumtif
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 08:12
Last Modified: 24 Oct 2013 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26510

Actions (login required)

View Item View Item