Tinjauan Kuat Geser Kombinasi Sengkang “Alternatif” dan Sengkang “U” Atau “N” dengan Pemasangan Secara Vertikal Pada Balok Beton Sederhana

Hariawan, Diar Fajar and , Basuki, S.T., M.T. and , Ir. H. Henry Hartono, M.T. (2013) Tinjauan Kuat Geser Kombinasi Sengkang “Alternatif” dan Sengkang “U” Atau “N” dengan Pemasangan Secara Vertikal Pada Balok Beton Sederhana. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (486kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Beton bertulang memerlukan penulangan berupa penulangan lentur dan geser. Penulangan lentur dipakai untuk menahan momen lentur, sedangkan penulangan geser (sengkang) digunakan untuk menahan beban geser. Umumnya bagian tulangan sengkang yang berfungsi menahan beban geser adalah arah vertikal, sedangkan arah horisontal tidak diperhitungkan menahan beban gaya yang terjadi pada balok. Bagian tulangan sengkang arah vertikal mencegah terbelahnya balok akibat adanya geser. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang kekuatan sengkang vertikal kombinasi “alternatif” dan sengkang vertikal “u” atau “n” dan membandingkan dengan kekuatan sengkang vertikal konvensional yang telah lazim digunakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui: beban geser maksimal, kuat geser, dan besar perbedaannya antara sengkang vertikal konvensional dan sengkang vertikal kombinasi “alternatif” dan sengkang vertikal “u” atau “n” pada konstruksi balok beton sederhana. Penelitian dilaksanakan dalam 5 tahap yaitu: tahap persiapan bahan-bahan dan alat-alat penelitian, pemeriksaan kualitas bahan-bahan penelitian, penyediaan benda uji, tahap pengujian kuat tekan beton dan kuat geser sengkang balok beton bertulang; serta tahap analisis dan pembahasan. Lokasi penelitian adalah di Laboratorium Bahan Bangunan di Prodi Teknik Sipil FT UMS. Total sampel benda uji yang dibuat sejumlah 20 buah, tiap variasi dibuat 2 sampel. Variasi yang digunakan spasi sengkang 75 mm dan 100 mm, ukuran balok lebar 15 cm dan tinggi 20 cm, dengan bentang balok 100 cm. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pada kelompok sampel dengan spasi 75 mm, sengkang vertikal konvensional lebih kuat dibandingkan dengan kombinasi sengkang “alternatif” dan sengkang vertikal “u” atau “n” dan selisih kekuatan geser antara kedua jenis sengkang tersebut sebesar 27,09%. Pada kelompok sampel dengan spasi 100 mm, sengkang vertikal konvensional lebih kuat dibandingkan dengan kombinasi sengkang “alternatif” dan sengkang vertikal “u” atau “n” dan selisih kekuatan geser antara kedua jenis sengkang tersebut sebesar 1,59% - 6,57%, sehingga secara umum dapat dinyatakan sengkang konvensional lebih kuat bila dibandingkan dengan sengkang vertikal model “u” atau “n”.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kuat geser, sengkang “alternatif”, sengkang vertikal model “u” atau ”n”
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 06:49
Last Modified: 02 Nov 2021 14:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26506

Actions (login required)

View Item View Item