Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Problem Solving Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kismantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013)

Nurhayati, Eka and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Problem Solving Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kismantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (572kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan pendekatan problem solving berbasis pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kismantoro Wonogiri yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1)siswa berusaha mengetahui informasi dengan baik 86,96%; 2) kemampuan siswa dalam merumuskan pokok-pokok permasalahan 80,44%; 3) kemampuan siswa dalam mencari alternatif 65,22%; 4) kemampuan siswa dalam mengurutkan langkah-langkah penyelesaian masalah 84,78%; 5) kemampuan siswa dalam mengungkapkan data dalam menyelesaikan masalah 73,91%; 6) kemampuan siswa dalam mengevaluasi argumen dalam menyelesaikan masalah 63,04%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan problem solving berbasis STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, problem solving, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 06:14
Last Modified: 02 Nov 2021 23:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26504

Actions (login required)

View Item View Item