Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SMA Institut Indonesia Semarang

Hidayat, Mahmud and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd (2013) Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SMA Institut Indonesia Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._Naskah_Publikasi.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Institut Indonesia Semarang, (2) pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Institut Indonesia Semarang, dan (3) evaluasi sarana dan prasarana pendidikan di SMA Institut Indonesia Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan SMA Institut Indonesia Semarang dilakukan di awal tahun ajaran baru yang melibatkan tim khusus yang dibentuk oleh kepala sekolah. Tim tersebut bertugas menyusun rencana sarana dan prasarana dengan melakukan identifikasi kebutuhan, pendataan sarana dan prasarana dengan menggunakan prinsip prioritas, mendata sumber dana, dan membangun MoU dengan pihak luar. Kerja sama dengan MoU dilakukan dengan memperhatikan aspek harga dan kualitas; (2) Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Institut Indonesia Semarang dilakukan dengan pengajuan proposal yang memperhatikan aspek kebutuhan dan sumber dana yang tersedia. Apabila proposal disetujui oleh kepala sekolah dan komite sekolah, dana dapat mulai dicairkan, Sistem pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan dengan pembelian, perbaikan, dan hadiah. Ada kalanya pihak sekolah melakukan penyewaan, seperti menyewa tenda untuk kegiatan pelepasan siswa kelas XII. Kepala sekolah meninjau sarana dan prasarana yang sudah diadakan dan meminta tim khusus untuk melakukan inventarisasi. Pemberian kode dilakukan berdasarkan mata pelajaran, jenis barang, dan tanggal pengadaan; (3) Evaluasi sarana dan prasarana pendidikan di SMA Institut Indonesia Semarang dilakukan oleh tim evaluator setiap tiga bulan sekali, akhir semester, dan akhir tahun. Secara umum aspek yang dinilai dalam kegiatan evaluasi tersebut adalah kondisi riil sarana dan prasarana, frekuensi penggunaan, dan tingkat kepuasan pengguna. Hasil evaluasi dibuat laporan dan akan dibahas dalam rapat untuk segera dilakukan tindak lanjut. Secara umum sarana dan prasarana SMA Institut Indonesia Semarang cukup baik, hanya frekuensi penggunaannya saja yang perlu ditingkatkan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: sarana, prasarana, perencanaan, pengadaan, evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2013 07:18
Last Modified: 26 Oct 2021 03:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26499

Actions (login required)

View Item View Item