Evaluasi Kompetensi Tenaga Pendidik Kelompok Bermain (Studi Situs di PAUD Permatasari Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2013)

Sufa, Feri Faila and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Dr. Darsinah, M. Si (2013) Evaluasi Kompetensi Tenaga Pendidik Kelompok Bermain (Studi Situs di PAUD Permatasari Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2013). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (396kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (599kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (283kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Ada empat tujuan dalam penelitian ini. 1) Untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi pedagogik pendidik memahami peserta didik dengan menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi pendidik merancang pembelajaran sesuai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3) Untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi pendidik melaksanakan pembelajaran dengan menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, dan berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun kepada peserta didik. 4) Untuk mendesripsikan tingkat kompetensi pendidik merancang, menyelenggarakan evaluasi, dan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif evaluatif yang dilakukan di PAUD Permatasari. Pendekatan evaluasi ini berorientasi partisipan naturalistik. Data berasal dari hasil Tes pedagogik pendidik, maupun kata-kata, tindakan dan doukumen informan. Informan penelitian ini adalah pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data mengunakan analisis deskriptif. Keabsahan data tes menggunakan validasi berupa Construct Validity dan Content Validity oleh Forum Group Discussion. Ada 4 kesimpulan berdasarkan hasil penelitian. : 1) Kompetensi pendidik memahami peserta didik dalam aspek fisik, moral, kultural, sosial, emosional dan intelektual dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik menunjukkan skala peringkat sangat kurang. Hal ini ditunujkkan dengan hasil 51%. 2) Kompetensi pendidik merancang pembelajaran sesuai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan menunjukkan sangat kurang dengan hasil 51%. 3) Kompetensi pendidik menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, dan berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun kepada peserta didik menujukkan cukup, dengan 71%. 4) Kompetensi pendidik merancang, menyelenggarakan evaluasi, dan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran menunjukkan sangat kurang dengan hasil 50 %.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kader; pendidik; kompetensi pendidik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2013 07:07
Last Modified: 26 Oct 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26498

Actions (login required)

View Item View Item