Penerapan Permainan Memancing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika di TK B Pertiwi II Jembungan, Boyolali Tahun Pelajaran 2012-2013

Septiani, Septiani and , Dr.Darsinah, M.Si (2013) Penerapan Permainan Memancing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika di TK B Pertiwi II Jembungan, Boyolali Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika melalui penerapan permainan memancing.Subyek penelitian anak TK B Pertiwi II Jembungan Boyolali yang berjumlah 15 anak terdiri dari 13 anak perempuan dan 2 orang anak laki-laki. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan jumlah pertemuan sebanyak 5 kali yaitu pada siklus I sebanyak 3 pertemuan dan pada siklus II sebanyak 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara (diskusi), catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah data kecerdasan logika matematika anak dan data penerapan permainan memancing. Data kecerdasan logika matematika diperoleh melalui observasi. Sedangkan data penerapan permainan memancing diperoleh melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif yaitu membandingkan hasil rata-rata kecerdasan logika matematika anak dengan indikator kinerja pada tiap siklusnya. Teknik komparatif ini digunakan untuk menganalisis data kecerdasan logika matematika. Dan menggunakan teknik analisis interaktif yaitu mereduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data tentang penerapan permainan memancing. Hasil Penelitian kecerdasan logika matematika melalui penerapan permainan memancing dengan hasil sebelum tindakan 60,35% menunjukkan bahwa kecerdasan logika matematika anak mulai berkembang, siklus I berkembang mencapai 70,71% dan pada siklus II menjadi 91,42%, ini berarti bahwa hampir keseluruhan kecerdasan logika matematika anak berkembang sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan permainan memancing dapat dikatakan efektif dan berhasil meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok B di TK Pertiwi II Jembungan Boyolali.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan memancing dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan logika matematika, Penerapan Permainan Memancing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2013 05:59
Last Modified: 25 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26493

Actions (login required)

View Item View Item