Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Pengembangan Minat Baca Dan Bahasa Anak Kelompok B Di TK Tunas Bangsa Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Niswah, Sya’adatun and , Aryati Prasetyarini M.Pd (2013) Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Pengembangan Minat Baca Dan Bahasa Anak Kelompok B Di TK Tunas Bangsa Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (680kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Metode Storytelling terhadap pengembangan minat baca dan bahasa anak Kelompok B di Tk Tunas Bangsa, Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre eksperimental designs (non designs) yaitu one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan selama 2 minggu. Subjek penelitian ini adalah siswa TK Tunas Bangsa Kelompok B yang berjumlah 15 anak. Subjek pelaksanaan penelitian eksperiment ini dibantu oleh guru kelas. Objek penelitian eksperiment ini adalah minat baca dan bahasa anak dengan menggunakan metode storytelling. Metode pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis inferensial. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh terhadap minat baca dan bahasa anak melalui metode storytelling. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan hasil uji perbedaan rata-rata perkembangan minat baca dan bahasa anak TK B sebelum diberi perlakuan metode storytelling dan sesudah diberi perlakuan metode storytelling, diperoleh nilai ttes = 9,792 sedangkan nilai t tabel untuk df = 14 dan tingkat kepercayaan 95% diperoleh 2,148. Sehingga thitung (9,792) > ttabel (2,148) dengan p value sebesar 0,000 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya, peningkatan minat baca dan bahasa sebelum penerapan metode storytelling dilihat dari rata-rata nilai adalah 18,8 sesudah menerapkan metode storytelling rata-rata nilai meningkat menjadi 25,47. Ini menunjukkan bahwa dengan metode storytelling berpengaruh secara signifikan terhadap minat baca dan bahasa anak didik kelompok B di TK Tunas Bangsa tahun 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat baca dan bahasa, storytelling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2013 07:08
Last Modified: 25 Oct 2021 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26492

Actions (login required)

View Item View Item