Tingkat Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Banjir Ditinjau Dari Tingkat Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Telukan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo

Nurcahyo, Heri (2013) Tingkat Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Banjir Ditinjau Dari Tingkat Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Telukan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (373kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (379kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (538kB)

Abstract

Tujuan penenlitian ini adalah untuk mengetahui tinggal kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi banjir serta untuk melihat hubungan tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi banjir dengan tingkat sosial ekonomi masyarakat di Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakn dalam penelitian ini adalah Survei. Populasi penenlitian berjumlah 1917persil yang didapat dari hasil digitasi citra Desa Telukan. Adapaun variabel penenlitian mencakup variabel bebas yaitu tingkat sosial ekonomi dan variabel terikat yaitu tingkat kesiapsiagaan menghadapi banjir. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapsiagaan masyarakat terahadap bencana banjir di Desa Telukan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo masuk kedalam kategori hampir siap, dengan indeks gabungan 63,5% dan berdasarkan analisis Regresi Linier untuk mengetahui hubungan tingkat sosial ekonomi dengan tingkat keisapsisagaan masyarakat dapat dibuat persamaan regresi sebagai berikut:Y = 0,527 + 0,076X1. Berdasarkan persamaan regresi di atas, nilai konstan untuk persamaan regresi adalah 0,527 dengan parameter positif. Hal ini berarti bahwa tanpa adanya tingkat sosial ekonomi, maka tingkat kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana banjir bernilai 0,527. Besar nilai koefisien regresi untuk variabel tingkat sosial ekonomi adalah 0,076 dengan parameter positif. Hal ini berarti bahwa setiap terjadi peningkatan pada tingkat sosial ekonomi, akan meningkatkan tingkat kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana banjir. Selanjutnya untuk membuktikan hipotesis dilanjutkan dengan uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,624 dengan p= 0,010. Oleh karena nilai probabilitas 0,010 < 0,05; maka H0 ditolak berarti H1 diterima, yang berarti bahwa tinkat sosial ekonomi berpengaruh signifikan terhadap kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana banjir, dan hasil Koefisien Determinasi (R2) diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,069. Hal ini berarti variasi perubahan pada tingkat kesiapsigaan masyarakat terhadap bencana banjir 6,9% dapat dijelaskan oleh perubahan pada tingkat sosial ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, banjir, tingkat sosial ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2013 12:52
Last Modified: 17 Oct 2013 13:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26489

Actions (login required)

View Item View Item