Representasi Stereotip Budaya Dalam Film (Analisis Semiotika tentang Representasi Stereotip Budaya dalam Film Romeo Juliet)

Wibawa, Purwadi Arya (2013) Representasi Stereotip Budaya Dalam Film (Analisis Semiotika tentang Representasi Stereotip Budaya dalam Film Romeo Juliet). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (860kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (323kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (386kB)

Abstract

Konsep representasi dari sebuah film merupakan gambaran peristiwa berdasarkan sebuah realita. Film Romeo Juliet mengangkat tema mengenai representasi konflik permusuhan yang terjadi di antara suporter Persija Jakarta (The Jakmania) dengan suporter Persib Bandung (Viking/Bobotoh). Gambaran dari beberapa scene film Romeo Juliet menjelaskan bagaimana stereotip berpotensi memicu berbagai macam permasalahan konflik rivalitas permusuhan The Jakmania dan Viking. Stereotip yang digambarkan dalam film Romeo Juliet berkaitan dengan kajian kebudayaan yang dimiliki oleh dua kelompok budaya yang berbeda di dalam dimensi komunikasi antar budaya. Konsep mengenai stereotip berkaitan dengan proses berpikir manusia dalam mencari gambaran identitas tertentu. Gambaran stereotip budaya dalam film Romeo Juliet menjelaskan konsep stereotip yang dimiliki oleh para anggota suporter yang kemudian menjadi faktor hambatan komunikasi antar budaya antara The Jakmania dan Viking. Untuk melakukan analisa terhadap film Romeo Juliet digunakan metode semiotika dua tahap signifikasi Roland Barthes, dengan tahap pertama berupa proses analisa data penelitian untuk mendapatkan hasil berupa makna denotasi, dan di tahap kedua yang bertujuan untuk mendapat hasil penelitian berupa makna konotasi dan mitos. Studi semiotika bertujuan untuk menganalisa tanda-tanda di dalam beberapa scene pada film Romeo Juliet yang dianggap merepresentasikan konsep stereotip budaya. Kesimpulan yang diperoleh dari proses analisa data penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa sebenarnya konflik antara The Jakmania dan Viking merupakan konflik kultural yang disebabkan karena adanya persepsi stereotip negatif. Persepsi stereotip negatif yang dimiliki oleh para anggota suporter baik The Jakmania maupun Viking telah menjadi perspektif yang dianut dan telah menjadi ideologi yang dipercayai kelompok. Konflik yang terjadi di antara The Jakmania dan Viking menjadi masalah yang tidak dapat diselesaikan karena persepsi stereotip telah dipelihara oleh para anggota suporter, sehingga konflik tersebut berpotensi menjadi permasalahan sosial yang tidak akan kunjung usai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: representasi, suporter, stereotip
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2013 07:22
Last Modified: 14 Oct 2013 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26483

Actions (login required)

View Item View Item