Citraan Pada Kumpulan Puisi Keterbatasan Tak Terbatas Karya Iskandarsyah Berian Dan Pemaknaannya: Tinjauan Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di SMA

Pebriani, Veri and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum and , Dr. Nafron Hasyim (2013) Citraan Pada Kumpulan Puisi Keterbatasan Tak Terbatas Karya Iskandarsyah Berian Dan Pemaknaannya: Tinjauan Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_depan.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
9R._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RRR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (281kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan citraan dan makna yang terkandung dalam kumpulan puisi Keterbatasan Tak Terbatas karya Iskandarsyah Berian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan puisi Keterbatasan Tak Terbataskarya Iskandarsyah Berian. Kumpulan puisi tersebut terdiri dari 10 judul puisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data dengan memanfaatkan metode pembacaan model Semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Pelaksanaan penelitin ini menggunakan kerangka berfikir induktif. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa faktorpuisi karya Iskandarsyah Berian adalah (1) citraan dalam kumpulan puisi Keterbatasan Tak Terbataskarya Iskandarsyah Berian meliputi tujuh jenis citraan. Dari ketujuh citraan dalam puisi Keterbatasan Tak Terbatas karya Iskandarsyah Berian, citraan intelektual yang paling dominan, disusul citraan perabaan, citraan penglihatan, citraan gerakan, citraan pencecapan. Adapun citraan penciuman dan pendengaran kurang banyak digunakan, (2) makna yang terkandung di dalam setiap puisi karya Iskandarsyah Berian adalah makna pada aspek kemanusiaan, makna pada aspek religius, dan makna pada aspek sosial, (3) Implementasi makna dalam puisi Keterbatasan Tak Terbatas dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai adalah siswa mampu membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citraan, puisi Keterbatasan Tak Terbatas, Stilistika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 12:49
Last Modified: 02 Nov 2021 03:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26460

Actions (login required)

View Item View Item